Senin, 13 Juni 2011

Menarik nih, teknis perlombaannya bagaimana ya?


Kegiatan ini akan dilaksanakan dalam bentuk kompetisi antar-pelajar SMA yang terdiri dari 5 tahap, yaitu tahap seleksi tertulis, tahap perempat final, tahap semifinal, tahap play off, dan tahap final. Tahap seleksi tertulis yang dilaksanakan berupa tes seputar materi Matematika, Biologi, Fisika, Kimia dan Ilmu Pangan. Dari seleksi ini, akan dipilih 21 grup terbaik. Tiga grup dengan nilai tertinggi pada tahap seleksi tertulis akan masuk tahap semifinal sedangkan 18 grup lainnya akan mengikuti tahap perempat final untuk memperebutkan 6 posisi di tahap semifinal.
Tahap perempat final berupa Lomba Cepat Tepat yang diikuti oleh 18 grup (peringkat 4 sampai 21 hasil seleksi tertulis). Grup-grup ini akan  dibagi menjadi 6 kelompok besar yang masing-masing terdiri dari 3 grup. Dari masing-masing kelompok besar akan dipilih 1 grup terbaik untuk melaju ke babak semifinal sehingga tahap semifinal akan diikuti oleh 9 grup (3 grup peringkat terbaik tahap seleksi tertulis dan 6 grup hasil seleksi perempat final).
Tahap semifinal berupa Lomba Cepat Tepat dilaksanakan pada hari kedua. Sembilan grup yang lolos akan dibagi menjadi tiga kelompok. Tahap semifinal ini akan menyaring peserta menjadi 3 grup terbaik yang terdiri dari 1 grup terbaik setiap kelompok. Selanjutnya akan dilaksanakan tahap play off, yakni tahap yang diperuntukkan bagi grup dengan total nilai tertinggi kedua dari masing-masing kelompok semifinal. Tahap play off akan diikuti oleh 3 grup dan grup yang lolos dari tahap ini akan turut serta bersaing di tahap final.
Tahap final berupa Lomba Cepat Tepat yang akan diikuti oleh 4 grup (3 grup dari tahap semifinal dan 1 grup dari tahap play off). Tahap final akan menghasilkan Juara I, Juara II, Juara III, dan Juara Harapan I.
Selain kegiatan perlombaan, panitia juga mengadakan Stadium General mengenai profil Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan. Kegiatan ini meliputi penjabaran umum mengenai Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan dan aplikasinya di lingkup industri kepada siswa SMA. Kegiatan ini diharapkan mampu menarik minat siswa SMA untuk meneruskan pendidikan di bidang Ilmu dan Teknologi Pangan.

Tidak ada komentar: